Selasa, 25 Maret 2014

Pengertian dan Ciri-Ciri Kapitalisme

TUGAS PKN
Rafi Widyadhana
XI IPS 3
Kapitalisme adalah sebuah sistem ekonomi dimana individu secara pribadi atau firma bisnis melakukan kegiatan produksi, pertukaran barang, dan jasa pelayanan melalui sebuah jaringan pasar dan harga yang kompleks. Kata 'Kapitalisme' pertama kali diperkenalkan oleh Karl Marx pada abad ke-19. Ia mengartikan kapitalisme sebagai sebuah sistem dimana pemilik modal menjadi penentu dari seluruh kebijakan pasar dan harga barang, dengan meminimalkan kerugian sebanyak-banyaknya dan memaksimalkan keuntungan setinggi-tingginya.

Ciri-ciri dari kapitalisme adalah sebagai berikut.

  • Kapital/modal dan barang-barang produksi dimiliki secara pribadi. Barang-barang produksi yang dimaksud, antara lain adalah gedung, mesin, dan barang-barang yang digunakan sebagai proses produksi.
  • Aktivitas ekonomi secara bebas hanya ditentukan oleh penjual dan pembeli.
  • Pemilik modal bebas untuk menggunakan cara apa saja untuk meningkatkan keuntungan maksimumnya dengan mendayagunakan sumber daya produksi dan pekerjanya.
  • Dalam sistem kapitalisme,pengawasan pemerintah diupayakan seminimal mungkin. Apabila dibutuhkan, pemerintah sewaktu-waktu dapat mengeluarkan kebijakan yang dapat melindungi lancarnya pelaksanaan dari sistem kapitalisme tersebut.

Sumber: Magdalia Alfian, Nana Nurliana Soeyono dan Sudarini Suhartono (2007), Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI Program Ilmu Pengetahuan Sosial, Jakarta: Penerbit Erlangga, hal. 139-140

2 komentar:

  1. Oke sob. Nanti gw mampir klo ada waktu dan thanks ya sob

    BalasHapus
  2. Oke sob. Nanti gw mampir klo ada waktu dan thanks ya sob

    BalasHapus